Jadi Pelupa saat Hamil

Bumil barangkali  pernah mendengar mitos bahwa wanita ingin  menjadi pelupa ketika  hamil. Sebenarnya tersebut  bukanlah mitos belaka, lho. Saat hamil, beberapa  ibu memang menjadi gampang  lupa. Kondisi ini dikenal dengan istilah pregnancy brain atau momnesia.

Kondisi gampang  lupa ketika  hamil tidak sedikit  dikeluhkan oleh ibu hamil, antara beda  lupa menyimpan ponsel, kunci, atau dompet, sampai  lupa mengonsumsi vitamin kehamilan.



Melupakan urusan  kecil barangkali  tidak jadi masalah. Tapi bila   yang dilupakan ialah  hal urgen  atau berbahaya, contohnya  lupa mematikan kompor, situasi  ini dapat  menimbulkan masalah yang besar.

Penyebab Jadi Pelupa ketika  Hamil

Beberapa penelitian mengejar  bahwa beberapa  ibu hamil merasakan  penyusutan lokasi  tertentu pada otak, yang mengakibatkan  kapasitas memorinya jadi menurun. Area benak  ini sehubungan  dengan keterampilan  memproses ingatan.

Selain sebab  perubahan pada otak, semua  peneliti mengasumsikan  bahwa situasi  mudah lupa ketika  hamil juga diprovokasi  hal-hal inilah  ini:

Mual dan muntah pada mula  kehamilan menyebabkan jasmani  ibu hamil lemas, sampai-sampai  sulit berkonsentrasi atau menilik  sesuatu.
Susah istirahat  atau stres dapat  dialami wanita ketika  hamil. Kondisi ini dapat  menyebabkan penurunan daya ingat.
Depresi ketika  hamil juga dapat  menjadikan ibu hamil gampang  lupa.
Perubahan hormon yang terjadi ketika  hamil pun  dapat mengakibatkan  penurunan kinerja otak, sampai-sampai  menghambat proses mengingat.
Kehamilan menciptakan  pikiran ibu hamil dipenuhi sekian banyak   hal, tergolong  persiapan kelahiran bayi, yang menyebabkan konsentrasi  perhatiannya terbagi sehingga gampang  lupa.
Tips Menghadapi Kondisi Mudah Lupa ketika  Hamil
Agar tidak mengganggu kegiatan  sehari-hari, Bumil dapat  mengantisipasi situasi  mudah lupa ketika  hamil dengan sejumlah  tips inilah  ini:

Tidur cukup
Ibu hamil dianjurkan  untuk istirahat  sekitar 8-9 jam masing-masing  malam. Tidur yang lumayan  dan berbobot | berbobot  | berkualitas  bisa menambah  daya ingat dan konsentrasi. Hal ini sebab  saat tubuh beristirahat dengan baik, otak pun  ikut beristirahat dan dapat mencairkan  energi yang dibutuhkannya guna  bekerja.
Olahraga secara teratur
Berolahraga secara teratur ketika  hamil berfungsi  untuk menambah  kebugaran tubuh dan mempersiapkan tubuh menghadapi persalinan.
Tidak melulu  itu, olahraga pun  dapat membetulkan  daya ingat dan keterampilan  berkonsentrasi. Beberapa jenis olahraga yang bisa  Bumil kerjakan  antara beda  senam hamil, yoga, pilates, atau berenang.
Catatan pekerjaan  sehari-hari
Untuk mengantisipasi situasi  mudah lupa, Bumil dapat  membuat daftar  tentang seluruh  hal yang ingin dilaksanakan  pada hari itu, kemudian  beri tanda bila urusan  itu  sudah berlalu  dilakukan.
Bumil juga dapat  menggunakan ponsel dengan alarm pengingat supaya  tidak melupakan janji atau rencana yang telah  dibuat, contohnya  jadwal guna  berkonsultasi ke dokter kandungan.
Bumil juga dapat  meminta pada pasagan guna  mengingatkan Bumil kembali andai  ada urusan  yang perlu dilaksanakan  atau telah  dijadwalkan.
Kebiasaan menempatkan  benda secara teratur
Bumil dapat  mulai membentuk kelaziman  untuk menempatkan  benda di lokasi  yang sama. Dengan demikian, Bumil akan tidak jarang  kali  ingat di mana benda itu  berada saat  akan digunakan.
Ada pelbagai  hal yang menciptakan  Bumil menjadi pelupa ketika  hamil. Kondisi ini termasuk  normal dan tidak butuh  dikhawatirkan. Namun andai  sudah mengganggu kegiatan  dan produktivitas Bumil, atau bahkan telah  membahayakan, tidak terdapat  salahnya Bumil berkonsultasi dengan dokter kandungan.
0 Comments